EvenT Handling
--> metode untuk menangani sebuah
event/aksi yang diberikan pengguna pada suatu komponen GUI.
Event adalah suatu peristiwa yang dipicu oleh
pengguna pada suatu komponen, misalnya tombol ditekan. Dua paket yang biasa
digunakan menangani kejadian adalah java.awt.event dan java.swing.event.
Event handling dalam menangani event terbagi menjadi 2 macam yaitu Event
Source, Event Listener atau Event Handler
Event Source
->
suatu komponen yang
mendapatkan suatu event yang kemudian ditangkap oleh Event Listener.
Event Source dapat dibedakan dari penamaan
komponen itu sendiri, misalnya tombol Simpan, tombol
hapus,
dan lainnya. Dengan penamaan Event Source ini, Sebuah Event Listener akan dapat
mendeteksi dari mana Event Listener tersebut berasal. Jadi, Event source adalah
suatu objek yang membangkitkan event. Sebagai contoh, pada saat user melakukan
klik terhadap objek button, maka button dianggap sebagai event source. .
Event Listener
->
objek
yang diberitahu pada saat suatu event terjadi pada event source.
Event listener diimplementasikan ke dalam
bentuk interface.
Perlu mendefinisikan
method yang terdapat pada interface bersangkutan. Sebagai contoh, interface
ActionListener mendeklarasikan sebuah method abstrak dengan nama
actionPerformed(). Jadi, apabila ingin membuat kelas yang mengimplementasikan
interface ActionListener, maka harus mendefinisikan method actionPerformed()
didalam kelas yang dibuat. Java telah menyediakan sekumpulan interface yang
digunakan sebagai event listener. Interface – interface tersebut tersimpan
dalam paket java.awt.event. dengan demikian, apabila ingin membuat event
handler pada program GUI yang dibuat maka perlu mengimport packages tersebut.
MouseLiStener
MouseListener
mendengarkan interaksi mouse terhadap komponen swing.
MouseListener
dapat
didaftarkan pada semua komponen swing
Lima
method
untuk menangani terjadinya event MouseEvent
1.
void mouseClicked
(MouseEvent e)
event ini muncul ketika user melakukan click
tombol mouse diatas
komponen
swing.
swing.
2.
void mouseEntered
(MouseEvent e)
ketika mouse memasuki area diatas komponen
swing, event ini
akan
dipicu.
3.
void
mouseExited
(MouseEvent e)
muncul ketika mouse akan meninggalkan area
diatas komponen
swing
4.
void mousePressed
(MouseEvent e)
event ini terjadi ketika user menekan salah
satu tombol mouse diatas
komponen
swing.
swing.
5.
void mouseReleased
(MouseEvent e)
setelah tombol ditekan, komponen swing akan
menerima pelepasan
tombol
mouse.
Tetapi jika tombol mouse dilepaskan pada saat pointer mouse tidak berada diatas
komponen swing, maka event ini tidak akan terjadi.
Tetapi jika tombol mouse dilepaskan pada saat pointer mouse tidak berada diatas
komponen swing, maka event ini tidak akan terjadi.
MouseMotion Listener
MendefiniSIkan dua method untuk menangani terjadinya
event mouseEvent (pada saat mouse di-drag atau dipindahkan).
1.void mouseDragged(MouseEvent e)
terjadi
ketika user menekan tombol mouse sekaligus
menggerakkanya diatas komponen swing.
menggerakkanya diatas komponen swing.
2. void mouseMoved(MouseEvent e)
terjadi ketika user menggerakkan mouse
diatas komponen
swing.
swing.
Terima KASIH
belajar dengan otodidak akan membangun karakter mandiri
belajar dengan otodidak akan membangun karakter mandiri
SALAM HANGAT
0 komentar:
Posting Komentar