Copyright © OnMode
Design by Dzignine
Selasa, 29 Juli 2014

Pengertian Letak Geologis Indonesia

Letak geologis Indonesia adalah letak suatu wilayah berdasarkan susunan batuan yang ada pada bumi.
Pembagian letak geologis Indonesia adalah sebagai berikut:
a)Indonesia  adalah bagian dari dua buah rangkaian pegunungan besar dunia, yaitu rangkaian Pegunungan Sirkum Mediteran dan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik.
b)Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer, yaitu lempeng Indonesia-Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia.
c)Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu dangkalan Sunda, dangkalan Sahul, dan daerah laut pertengahan Australia Asiatis.
Letak geologis inilah yang menyebabkan wilayah Indonesia banyak dijumpai gunung berapi, sehingga banyak wilayah di Indonesia yang kesuburannya tinggi. Namun, perlu disadari pula bahwa letak geologis yang demikian ini menyebabkan wilayah Indonesia rawan dengan bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi.

Paparan / Dangkalan Sunda
Secara geologiPaparan Sunda adalah landas kontinen perpanjangan lempeng benua Eurasia di Asia Tenggara. Massa daratan utama antara lain Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, dan pulau-pulau kecil di sekitarya. Area ini meliputi kawasan seluas 1,85 juta km2. Kedalaman laut dangkal yang membenam paparan ini jarang sekali melebihi 50 meter, dan kebanyakan hanya sedalam kurang dari 20 meter, hal ini mengakibatkan kuatnya erosi dasar laut akibat gelombang lautTebing curam bawah laut memisahkan Paparan Sunda dari kepulauan Filipina, Sulawesi, dan Kepulauan Sunda Kecil.

Paparan / Dangkalan Sahul
Paparan Sahul adalah bagian dari lempeng landas kontinen benua Sahul (benua Australia — Papua) yang terletak di lepas pantai utara Australia dan lautan selatan pulau Papua. Paparan Sahul membentang dari Australia utara, meliputi Laut Timor menyambung ke Timur di laut Arafura yang menyambung dengan Pulau Papua.Kepulauan Aru menonjol di atas paparan Sahul. Paparan Sahul juga mencakup Paparan Rowley yang terletak di sisi Samudra Hindia di Barat Laut Australia membentang hingga tanjung di barat laut Australia. Paparan ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik beribu-ribu tahun dan erosi massa benua Asia, serta terbentuknya konsolidasi runtuhan batu di pesisir seiring naik dan turunnya permukaan laut.

0 komentar:

Posting Komentar